Assalamualaikum Tholabul ilmi sejati terimakasih atas kunjunganya di link ini semoga bermanfaat untuk kita semua.dan semoga Alloh memberikan Hidayah taufik untuk kita silahkan kritik dan saran antum

Senin, 02 Januari 2012

Fiqih Dakwah Ummahatul Mukminin

Ummahatul Mukminin mempunyai peranan yang sangat penting dalam penyebaran dakwah dan pengajaran agama pada generasi sahabat dan tabi'in terutama kepada kalangan wanita muslimah.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa mereka adalah wanita-wanita mulia yang mendapat kesempatan merekam secara detail segala perikehidupan Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam, yang kemudian disampaikan pada kaum muslimin.

Mereka merupakan rujukan pertama bagi para sahabat – setelah wafatnya Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam-- dalam menanyakan masalah-masalah tertentu, terlebih masalah yang berkaitan dengan keluarga dan wanita.

Rumah-rumah mereka dijadikan sebagai madrasah-madrasah ilmu, tempat kaum Muslimin bertanya dan meminta fatwa. Sehingga keberadaan Ummahatul Mukminin menempati posisi terpenting, baik sebagai sumber pembelajaran ataupun sebagai figur teladan -- khususnya bagi kaum muslimah -- dalam keimanan.

Begitu juga dalam komitmen mereka mempertahankan norma-norma Islam, dimana mereka harus mengemban kewajiban-kewajiban khusus dan berat, sebagai konsekwensi logis atas tingkatan prestise yang mereka dapat melampaui wanita-wanita lain dalam masyarakat, sebagaimana firman Allah Ta'ala dalam surat al-Ahzab ayat 32-33, yang artinya :

"Hai istri-istri Nabi, kamu sekalian tidaklah seperti wanita-wanita lain jika kamu bertakwa. Maka janganlah kamu "tunduk" dalam berbicara, sehingga berkeinginan orang yang ada penyakit dalam hatinya, dan ucapkanlah perkataan yang baik. Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu, dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah terdahulu, dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan ta'atilah Allah dan Rasul-Nya,. Sesungguhnya allah ingi menghilangkan dosa dari kamu hai Ahlu bait dan memberihkanmu sebersih-bersihnya."

Buku ini menyoroti sisi tertentu dari kehidupan Ummahatul Mukminin, yaitu mengenai manhaj, pola, sarana, dan fiqih dakwah mereka serta pengaruh keempat hal tersebut terhadap keberhasilan dakwah. Secara terperinci dan sistematis disebutkan satu persatu pola, manhaj, sarana, dan pengaruh dakwah istri-istri Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam yang berjumlah 11 orang tersebut disertai keutamaan, kedudukan, dan peranan masing masing dalam dakwah Islam.

Buku ini tentu sangat bermanfaat bagi para juru dakwah dan para pendidik serta akan memberikan inspirasi baru kepada mereka dalam dunia dakwah dan pendidikan.


Penulis : Dr.Khalid bin Muhammad
Harga : Rp 120,000

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog BULETIN THOLABUL ILMI