Assalamualaikum Tholabul ilmi sejati terimakasih atas kunjunganya di link ini semoga bermanfaat untuk kita semua.dan semoga Alloh memberikan Hidayah taufik untuk kita silahkan kritik dan saran antum

Minggu, 01 Januari 2012

Berhujjah Dengan Hadits Ahad

Hadits Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam merupakan sumber hukum kedua dalam syariat Islam setelah Al-Qur’an yang mencakup semua aspek kehidupan; baik yang berkaitan dengan akidah, hukum, politik, ataupun muamalah.

Buku yang ditulis oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani ini menjelaskan tentang kehujjahan hadits ahad dalam masalah akidah dan hukum. Tulisan ini merupakan bantahan terhadap sebagian kelompok dari generasi muta’akhirin yang mengabaikan dan menelantarkan As-Sunnah. Mereka terpesona dengan pola pikir ahli kalam dan kaidah-kaidah yang dibuat oleh ulama ushul dan fikih. Mereka meragukan keshahihan hadits, bahkan menolak sebagian hadits dengan alasan bertentangan dengan kaidah-kaidah yang telah mereka buat. Sehingga, As-Sunnah yang seharusnya dijadikan sebagai rujukan dan dasar hukum, justru disesuaikan dulu dengan kaidah-kaidah mereka, apabila sesuai mereka terima dan jika tidak mereka tolak.




Kaidah yang harus kita pegang, bahwa apabila ada ketetapan hukum yang telah disebutkan di dalam hadits yang shahih, maka tidak ada seorang pun yang boleh menyelisihinya berdasarkan pendapat, ijtihad atau qiyas. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Imam Syafi’I Rahimahullah di dalam Ar-Risalah : “Tidak boleh memutuskan hukum berdasarkan qiyas apabila ada hadits yang menerangkan tentang hukum tersebut.”


Penulis : Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani


Harga : Rp 33.000,00

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog BULETIN THOLABUL ILMI